Daftar Harga Atap Baja Ringan Per Meter Persegi Terbaru

Harga Atap Baja Ringan – Saat ini atap baja ringan sudah banyak digunakan oleh masyarakat, khususnya bagi mereka yang ingin membangun rumah menggunakan rangka dari bahan baja ringan. Tidak sedikit juga bangunan selain rumah, seperti perkantoran, perusahaan, sekolahan dan bangunan yang lain menggunakan rangka atap baja ringan.

Rangka atap dari baja ringan juga lebih unggul dibanding rangka atap kayu. Jika berminat membangun sebuah bangunan dengan menggunakan baja ringan, sebaiknya ketahui dahulu harga atap baja ringan per meter persegi.

Harga Atap Baja Ringan Per Meter Persegi

gambar atap baja ringan
harga borongan baja ringan per meter – renovatap.com

Produk baja ringan diproduksi dengan beberapa macam merk. Inilah harga atap baja ringan per meter persegi berdasarkan merknya :

1.  CBM

Untuk merk ini dengan 0.60 TCT hingga 1 mm dijual dengan harga mulai Rp 63.000,00 hingga 125.000,00. Harga tersebut ditentukan berdasarkan tipe dan ketebalan baja ringan tersebut. biasanya baja jenis ini dimanfaatkan untuk pembuatan kuda-kuda rangka atap bangunan. Baja ringan jenis ini memiliki banyak sekali type, dan harga.

2. BMT

Merk ini mempunyai 2 produk, yaitu Truss C75.70 SNI BMT dan Truss C75.100 BMT SNI. Kedua produk tersebut memiliki ketebalan yang tidak sama. Harga atap baja ringan per meter persegi untuk merk BMT ini mulai dari Rp 70.000,00 hingga Rp 110.000,00.

3. Prima

Merk ini juga mempunyai 2 produk unggulan, yakni Truss C75.75 SNI dan Truss C75.100 Prima Inti. Truss C75.75 SNI mempunyai ketebalan 0.75 TCT sedangkan Truss C75.100 Prima Inti tebalnya 1 mm. Harganya dimulai dri Rp. 75.000,00 hingga Rp. 95.000,00.

4. HSM

Selanjutnya ada produk baja ringan dengan merk HSM. Produk dari HSM yaitu Truss C75.75 SNI yang memiliki tebal 0.75 TCT. Produk ini di jual mulai dari Rp 76.000,00.

5. Taso

Taso sendiri mempunyai 3 produk. Yaitu Truss C75.75 SNI TASO, Truss C75.100 SNI TASO dan Truss C75.80 SNI TASO. Harga atap baja ringan per meter persegi dari produk ini berkisar antara Rp 88.000,000 hingga Rp 130.000,00.

Kelebihan Baja Ringan

kelebihan atap baja ringan
harga jasa pasang baja ringan per meter
– kanopitermurah.com

Bagi yang berniat menggunakan baja ringan, selain memperhatikan harga atap baja ringan per meter persegi harus juga perhatikan aspek aspek seperti kelebihan baja ringan. Baja ringan jika digunakan cenderung lebih kuat dan memiliki daya tahan yang kuat dan juga dapat awet dari beberapa cuaca yang melanda di indonesia. Selain itu, ada juga kelebihan atap baja ringan yang lain seperti :

1. Ringan Dan Kuat

Baja ringan merupakan material yang ringan dan juga kuat dalam segala kondisi cuaca. Bobotnya baja ringan jauh lebih ringan dibanding dengan bobot kayu yang berkualitas. Kelebihan ini menyebabkan baja ringan tidak terlalu membebani pada atap rumah.

2. Anti Karat Dan Rayap

Baja ringan tidak seperti kayu yang rentan terhadap serangan rayap dan jamur. Ini membuat baja ringan tidak akan lapuk karena serangan rayap dan jamur sekalipun. Hal ini membuat baja ringan dapat bertahan dalam waktu yang sangat lama sampai bertahun-tahun.

Baja ringan juga memiliki sifat tahan karat, tidak seperti besi yang memiliki resiko berkarat dan membutuhkan perawatan untuk menghilangkan karatnya. Karena baja ringan dilapisi oleh Galvalum, yaitu pelapis anti karat dengan karbon sebagai komponen pembentuk utamanya

Dengan ini, tidak perlu menyiapkan dana lebih untuk perawatan kanopi rumah, tidak seperti kanopi besi yang perlu perawatan khusus agar terhindar dari karat.

3. Tidak Mudah Terbakar

Bencana bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, khususnya bencana kebakaran yang sering menimpa bangunan-bangunan perumahan. Material kayu mudah sekali terbakar dan merambatkan api, tidak dengan baja ringan yang tidak mudah terbakar dan tidak mudah membesarkan api. Hal ini dapat meminimalisir dampak yang lebih besar lagi saat terjadinya bencana kebakaran maupun bencana lainnya.

4. Tidak Memuai Dan Susut

Selain tahan terhadap karat, baja ringan juga tahan terhadap berbagai kondisi cuaca bahkan ketika terik sekalipun. Baja ringan tidak memiliki nilai muai dan susut sehingga jika cuaca berubah-ubah, kanopi dengan material ini tidak akan mengalami perubahan bentuk yang dapat mengubah keindahannya.

5. Biaya Pasang Murah

Kelebihan yang terakhir ialah biaya pasangnya yang lebih murah dibanding pemasangan rangka dari kayu. Rangka atap baja ringan merupakan  solusi bagi yang ingin membangun rumah / merenovasi atap dengan anggaran yang terbatas.

6. Pemasangan Yang cepat

Proses instalasi atau pemasangan rangka atap baja ringan memerlukan waktu yang relatif cukup singkat, yaitu sekitar tiga hari hingga satu minggu tergantung tingkat kerumitan dan luasan atap.

Hal ini dikarenakan baja ringan mudah saat disambung dengan berbagai jenis sambungan seperti baut, keling, atau las. Selain itu dengan bobotnya yang ringan, mengurangi kesulitan selama proses pemasangan.

Kekurangan Menggunakan Baja ringan

kekurangan atap baja ringan
harga atap baja ringan plus pasang – insinyurbangunan.com

Walaupun baja ringan memiliki banyak keunggulan dan kelebihan dibandingkan material lain, ada beberapa kekurangan baja ringan yang perlu diantisipasi selama proses konstruksi, di antaranya :

1. Perlu Pertimbangan Yang Teliti

Pada baja ringan, jika ada suatu bagian yang salah perhitungan atau salah proses pemasangan, akan berpengaruh pada bagian-bagian atap lain. Oleh karena itu, rangka atap baja ringan perlu pengerjaan yang lebih teliti dibandingkan menggunakan kayu.

Pengerjaan rangka atap baja ringan perlu dibuat gambar kerjanya terlebih dahulu agar atap bisa dibangun dan berfungsi secara baik.

2. Kurang Indah Dipandang

Tidak seperti rangka kayu yang bisa diekspos untuk tujuan estetika, rangka atap dari baja ringan tidak memiliki nilai keindahan apabila diekspos. Rangka atap baja ringan perlu ditutup dengan plafon untuk meningkatkan nilai estetika yang ada di dalam ruangan.

3. Cukup Mahal

Dibandingkan material kayu, rangka atap baja ringan tergolong lebih mahal. Namun dengan kelangkaan kayu dan kesadaran untuk menggunakan bahan bangunan yang lebih ramah lingkungan, rangka atap baja ringan tergolong relatif lebih terjangkau dan lebih hemat biaya terutama dalam jangka panjang.

Tips Memilih Baja Ringan

Tips memilih baja ringan
biaya atap baja ringan rumah tipe 36 – magna-system.net

Agar rumah awet dari kebocoran dan kokoh dalam waktu yang sangat lama, harus pintar memilih rangka atap baja ringan yang baik dan tepat untuk rumah. Untuk itu berikut akan disajikan beberapa tips memilih rangka atap baja ringan yang bisa dilakukan, di antaranya :

1. Pabrikannya

Semakin baik dan besar nama produsen penghasil atap baja ringan, maka kualitas produknya bisa terjamin dan terpercaya dibandingkan dengan nama produsen yang tidak kenal sama sekali.

Salah satu produsen yang sudah terkenal menghasilkan produk rangka atap baja ringan yang baik adalah nippon steel (SN) Bluescope Lysaght. Sebaiknya memilih produsen yang memiliki lisensi pada setiap produknya sehingga menjamin kualitas.

2. Material

Anda harus mengamati atau melihat detail dari baja ringan yang akan dipilih, harus teliti dan cermat bagaimana material yang ditawarkan pada baja ringan yang akan dibeli. Baja ringan memiliki berbagai macam coating atau lapisan anti karat. Baja ringan dengan produsen yang baik pasti memperhatikan kualitas yang bagus pula untuk setiap produknya.

3. Desain

Dalam perencanaan desain rangka baja ringan tidak boleh hanya mengandalkan dari kebiasaan dari tukang pemasang rangka atap baja ringan. Desain yang akan mampu menghasilkan hasil kerja yang baik juga harus diperhatikan.

4. Aksesoris

Aksesoris yang terdapat pada rangka atap baja ringan terdiri dari skrup, dinabol dan strapbracing. Pemakaian skrup untuk rangka atap tidak boleh asal pasang saja, skrup yang beredar di pasaran juga memiliki kualitas yang berbeda-beda. Skrup yang digunakan haruslah berkualitas, teruji dan memiliki kekuatan untuk mengikat. Skrup pada baja ringan ibarat seperti paku pada kayu.

Artikel Lain: Daftar Harga Baja Ringan Terbaru

Di atas sudah disajikan info lengkap mengenai harga atap baja ringan per meter persegi, jika berminat bisa mendatangi langsung toko bangunan karena disana memang menyediakan berbagai kebutuhan hunian. Informasi harga atap baja ringan di atas hanya sekedar sebagai wawasan saja sebelum membelinya di toko.

Harga Atap Baja Ringan

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.