Daftar Harga Ikan Louhan Terbaru

HARGA IKAN LOUHAN – Ikan Louhan merupakan salah satu jenis ikan hias yang biasa dipelihara di akuarium. Warna yang cantik serta mempunyai keunikan berupa “jenong” di kepalanya menjadi daya tarik para pencinta ikan hias. Berikut akan dibahas mengenai profil, jenis, dan harga ikan Louhan yang mungkin dapat menjadi inspirasi.

Sekilas Profil Ikan Louhan

Gambar Ikan Louhan
haurgeulis.com

Ikan Louhan merupakan salah satu jenis ikan hias yang cukup terkenal. Ikan ini disebut sebagai ikan keberuntungan oleh sebagian besar masyarakat Cina. Awalnya sekitar tahun 1993 ikan ini telah dibudidaya oleh rakyat Malaysia yang konon memang menyukai jenis ikan ini. Setelah itu Louhan semakin banyak dikembang-biakkan dan dikspor ke Amerika Tengah.

Ikan Louhan atau A. trimaculatus pernah menjadi ikan primadona antara tahun 2002-2003 di Indonesia.Saat itu harga salah satu ikan hias ini kian hari terus melonjak. Harga ikan Louhan per ekornya bisa mencapai puluhan bahkan hingga sampai ratusan juta.

Ikan ini mempunyai Keunikan yaitu jenong di bagian kepalanya. Jenong itu merupakan sekumpulan lemak yang membesar kemudian menjadi daging. Termasuk jenis ikan agresif oleh karena itu sangat tidak dianjurkan untuk diletakkan bersama dengan ikan jenis lain.

Di awal-awal tahun muncul sekitar tahun 90-an diketahui ikan jenis ini saat proses pembenihannya sering disilangkan dengan ikan jenis Parrot Child. Parrot Child ini juga merupakan ikan hias yang cantik namun mempunyai sifat agak galak. Kemungkinan sifat agresif dari ikan Louhan selama ini diturunkan dari Ikan Parrot Child tersebut.

Sebagian orang kemudian mengetahui bahwa sebenarnya ikan Louhan Bukan dari jenis atau varietas murni lagi. Mulai banyak orang yang kontra dengan popularitas Ikan Louhan. Sejak saat itu ikan Louhan dianggap sebagai sebuah trend yang dipaksakan. Perlahan Ikan ini mulai ditinggalkan pencinta ikan hias. Dan lanjut berimbas pada harga ikan Louhan yang terus merosot turun.

Harga Ikan Louhan Berdasarkan Jenisnya

Terdapat beberapa jenis Ikan Louhan yang biasa dikembangbiakkan masyarakat. Untuk jenis ikan hias yang dipelihara di akuarium, harga Ikan Louhan bisa dikatakan tidak beda jauh dengan ikan Koi, arwana maupun Ikan mas koki. Berikut jenis-jenis ikan Louhan beserta kisaran harga di pasaran.

1. Ikan Louhan Jenis Golden Red

Gambar Ikan Louhan Jenis Golden Red
Harga Ikan Louhan Golden Red – okdogi.com

Ikan Louhan jenis ini konon menjadi yang tercantik di dunia. Golden Red berasal dari Thailand. Sesuai dengan namanya ikan louhan jenis ini memiliki ciri khas dominan warna merah keemasan dari kepala hingga ujung ekornya.

Harga Ikan Louhan jenis Golden Red untuk dewasa sekitar Rp 3.000.000 per ekornya. Harga ini berlaku untuk jenis Golden Red biasa (tidak bersertifikat). Beda lagi dengan Golden Red yang telah sering meraih kejuaraan dan bersertifikat harganya bisa mencapai puluhan juta. Dan untuk anakan dari jenis ini dijual dengan harga Rp 650.000 untuk setiap ekornya.

2. Ikan Louhan Jenis Kamfa

Gambar Ikan Louhan Kamfa
Harga Ikan Louhan Kamfa – okdogi.com

Ikan Louhan jenis ini berasal dari Singapura. Jenis ikan Louhan Kamfa banyak memiliki penggemar di Indonesia maupun Negara Kawasan Asia tenggara Lainnya. Ikan Louhan jenis ini memiliki ciri khas sisik yang sangat cantik. Dengan warna sisik yang merah merona menyerupai sebuah bunga.

Dari kepala hingga ujung ekor ikan Louhan Kamfa dihiasi corak bintik-bintik putih. Terdapat juga Bintik hitam besar pada tubuhnya juga lebih rapi dan lebih besar dibanding jenis louhan lainnya. Hal inilah yang menyebabkan louhan jenis  ini mempunyai julukan “Ikan Louhan Mutiara”

Harga Ikan Louhan jenis Kamfa dewasa dihargai sebesar Rp 3.500.000 per ekor. Sedangkan untuk anakannya dijual dengan harga Rp 850.000 per ekor. Harga ini bisa menjadi lebih mahal tergantung keunikan corak warna sisik maupun jenong yang dimiliki ikan Louhan Kamfa.

3. Ikan Louhan Jenis Cencu

Gambar Ikan Louhan Cencu
Harga Ikan Louhan Cencu – okdogi.com

Di Indonesia Ikan Louhan jenis ini banyak dipelihara karena harganya yang terjangkau. Ciri khas yang dimiliki ikan louhan jenis ini adalah memiliki 2 warna yang berbeda pada tubuhnya. Bagian kepala hingga tengah tubuhnya umumnya berwarna merah. Sedangkan dari pertengahan tubuh hingga ekor berwarna kuning keemasan. Dihiasi dengan bintik-bintik mutiara dari jenong hingga siripnya.

Harga ikan Louhan jenis Cencu dewasa kualitas biasa dijual dengan harga Rp 750.000 sedangkan untuk kualitas super bisa mencapai jutaan rupiah. Untuk harga ikan louhan Cencu anakan dijual dengan harga lebih murah yaitu sekitar Rp 150.000 per ekor.

4. Ikan Louhan Jenis Bonsai

Gambar Ikan Louhan Bonsai
Harga Ikan Louhan Bonsai – okdogi.com

Dinamakan Bonsai karena jenis ikan Louhan ini memiliki ukuran tubuh yang tidak bisa besar seperti layaknya tanaman bonsai. Ikan ini akan tetap berukuran kecil walaupun hitungan umurnya sudah besar. Ukuran ikan louhan jenis ini hanya setengah dari ukuran ikan louhan jenis lainnya.

Bentuk kepala louhan bonsai juga tergolong lebih besar dan cenderung tidak agresif. Karena mempunyai bentuk yang imut dan kerdil ikan louhan jenis ini banyak dicari dan memiliki harga yang cukup mahal. Harga ikan Louhan jenis Bonsai dewasa dijual dengan harga Rp 800.000 dan Rp 250.000 untuk anakan per ekornya.

5. Ikan Louhan Jenis SRD

Gambar Ikan Louhan SRD
Harga Ikan Louhan SRD – okdogi.com

Ikan Louhan jenis SRD (Super Red Dragon) ini berasal dari Thailand. Jenis ikan Louhan ini berasal dari persilangan louhan Cencu dengan ikan cichlid. Ikan Louhan SRD disebut paling banyak dicari oleh para kolektor.

Ciri khas  ikan Louhan jenis ini yaitu memiliki jenong yang besar dengan corak warna ikan merah dan kuning keemasan. Harga ikan Louhan dewasa jenis ini sekitar Rp 1.500.000 per ekornya. Namun untuk kualitas super seperti jenong yang lebih besar harga bisa mencapai puluhan juta.Untuk anakan umumnya dijual dengan harga Rp 400.000 per ekor.

6. Ikan Louhan Jenis Super Red Synspillum

Gambar Ikan Louhan Super Red Synspillum
Harga Ikan Louhan Super Red Synspillum – anekaikanhias.com

Ikan Louhan jenis ini juga berasal dari Thailand. Orang Thailand menyebut Ikan Louhan jenis ini dengan nama Louhan Kamfa versi Thailand.Ciri Khas dari Ikan louhan jenis ini adalah warna tubuhnya yang merah cerah dari kepala hingga ekor. Ikan Louhan jenis ini dikenal tahan penyakit dan bisa membesar hingga 35 cm.

Untuk harga ikan Louhan jenis Super Red Synspillum ini yang dewasa dihargai Rp 2.500.000. Sedangkan untuk anakan dihargai sekitar Rp 400.000 per ekornya.

7. Ikan Louhan jenis Golden Base

Gambar Ikan Louhan Golden Base
Harga Ikan Louhan Golden Base – okdogi.com

Ikan Louhan jenis Golden Base memiliki kemiripan dengan Louhan jenis golden red. Bedanya ikan louhan jenis ini memiliki warna keemasan yang dominan dan lebih cenderung kuning. Selain itu terdapat pola sisik bintik berwarna putih yang cantik.

Harga ikan Louhan jenis Golden base dewasa umumnya dijual dengan harga Rp 1.800.000 per ekor dan Rp 450.000 untuk Louhan Golden Base yang masih anakan.

8. Ikan Louhan Kemalau

Gambar Ikan Louhan Kemalau
Harga Gambar Ikan Louhan Kemalau – okdogi.com

Ikan Louhan jenis ini masih berasal dari Thailand. Ciri khas dari ikan louhan jenis ini adalah memiliki 2 warna yang berbeda pada tubuhnya.Bagian kepala dan jenong memiliki warna merah tua, sedangkan bagian tengah sampai ekor ikan berwarna merah muda.Disertai corak bintik mutiara dari kepala hingga ekor.

Harga Ikan Louhan jenis Kemalau dewasa yaitu sekitar Rp 600.000 per ekor. Sedangkan untuk yang masih anakan umumnya dijual hanya sekitar Rp 150.000 per ekor.

9. Ikan Louhan Jenis Super Red Texas

Gambar Ikan Louhan Super Red Texas
Harga Ikan Louhan Super Red Texas – okdogi.com

Jenis ikan Louhan ini juga berasal dari Thailand. Ikan ini berasal dari persilangan antara ikan louhan texas chichid abu-abu dengan ikan Louhan Golden red. Ciri khas dari ikan Louhan jenis ini adalah warna merah merona yang mendominasi tubuhnya. Serta dihiasi corak mutiara dari kepala hingga ekor dan mirip seperti strawberry.

Harga Ikan Louhan jenis ini untuk yang dewasa dibandrol Rp 2.300.000 per ekor. Dan untuk yang masih anakan dijual dengan harga Rp 600.000 per ekornya.

10. Ikan Louhan Jenis Louhan Strom

Gambar Ikan Louhan Louhan Strom
Harga Ikan Louhan Louhan Strom – wikipedia.org

 

Ikan Louhan jenis ini merupakan hasil budidaya para pencinta ikan hias di Thailand.Ciri yang unik dari louhan ini adalah memiliki 3 warna pada tubuhnya yaitu merah, biru dan silver. Untuk harga ikan Louhan Strom yang dewasa dijual dengan harga Rp 2.500.000 per ekor. Dan anakan yang dibandrol Rp 650.000 per ekornya.

11. Ikan Louhan Jenis Rainbow King

Gambar Ikan Louhan Rainbow King
Harga Gambar Ikan Louhan Rainbow King – okdogi.com

Ikan louhan jenis ini berasal dari Singapura. Keunikan dari ikan Louhan jenis memiliki warna yang mirip pelangi. Oleh karena itu ikan louhan ini mempunyai julukan ikan Louhan pelangi. Setidaknya ada 5 warna yang menghiasi seluruh tubuhnya.

Harga ikan Louhan jenis ini untuk dewasa sekitar RP 3.000.000 per ekornya. Dan untuk yang masih anakan dijual dengan harga Rp 650.000 per ekor.

Itulah sedikit bahasan mengenai profil, jenis dan harga ikan louhan. Semoga menjadi inspirasi untuk semua orang yang berniat untuk menjadi kolektor salah satu ikan hias yang pernah sangat populer ini.

HARGA IKAN LOUHAN

Categories Hewan

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.